Rabu, 15 Juni 2011 | By: Albysia

Maka Nikmat Tuhan Manakah Yang Kau Dustakan??

Take 1
Lokasi : salah satu RS dJogja
Waktu: sekitar pukul 02.00 p.m
Narasi: pas ngobrol santai dengan seorang pasien kanker stadium IV

aku: rumahnya mana bu?
ps: saya asli sumatra mbak.. lampung..
aku: ooo.. trus dsini nginep dmana bu?
ps: dpenginapan mbak.. saya sendirian dsini.. ga mau merepotkan anak.. ikhtiar lah mbak.. nyampe sini berobat.. (cerita mengalir dari si ibu) wong saya itu sakit gini tapi tak bawa happy mbak.. ini bagian dari cobaan hidup.. pasrah saja mbak.. tp toh tetep harus ikhtiar kan ya mbak.. saya itu sudah alhamdulillah banget.. sudah diberi usia sampe setua ini (60-an).. pernah punya suami.. punya anak.. tapi dulu pas awal2 saya jg ngerasa down mbak punya sakit ini, bahkan nangis2 saat sujud sholat bertanya kenapa saya yg diberi sakit.. lucu yaa mbak saya dulu itu.. orang kok ga mensyukuri nikmat yg dah selama ini dkasih tapi cobaan sakit saja meraung2.. toh saya sudah menikmati hidup berkecukupan dengan usia yang alhamdulillah lumayan lama.. punya rezeki untuk berobat.. saya mikir gini alhamdulillah bgt mbak.. karena dluar sana kan byak org2 yang mungkin sakitnya lebih dari saya tapi ga bisa berobat, ga berkecukpan, ato bahkan ada yang masih anak2 ato anak yang masih muda yang  sudah mendapat cobaan sakit yang luar biasa.. kadang memang kita harus menunuduk ke awah yaa mbak darpada mendongak ke atas untuk lebih bersyukur atas apa yang Allah karuniakan selama ini darpada hanya menghujat cobaan yg kecil bandingannya bila dibandingkan dg nikmat yang diberikan.. :)
aku : mengangguk mengiyakan dan tersenyum (jujur ga bisa ngomong byk ke Ibu  itu)
Take2
Lokasi: di sebuah halaman masjid pinggir jalan
Waktu: hari yg sama dg Take 1, 05.00 p.m
Narasi: abis menyampaikan sebuah amanah, ga sengaja malah jd ngobrol lama dengan seorang bapak2 di pinggir jalan "yang kurang beruntung" 

singkat cerita bapak itu bicara:
"alhamdulillah mbak, saya masih diberikan umur panjang sampe saat ini.. dan meski dengan keadaan saya seperti ini, tiap hari ada saja rezeki yang datang untuk menyambung hidup saya disini.. kadang saya bersyukur bgt mbak, dg keadaan saya seperti ini saya malah bisa lebih bersyukur dan kembali padaNya disisa2 umur ini. kalau saya dulu malah tidak dkasih jalan seperti ini.. mungkin saya masih berjalan sombong dan angkuh dg byak dosa mbak.. mungkin kadang memang Allah itu harus mengambil sesuatu yg berharga dari kita untuk membuat kita lebih bisa mengerti akan nikmatNya yaa mbak.. "

Take3
Lokasi : home sweet home
Narasi: merenung diam.. dan akhirnya ngintip facebook (hehee :D) dan tanpa sengaja liat postingan salah satu grup dengan judul "Maka Nikmat Tuhan Manakah Yang Engkau Dustakan??" (Q.S Ar-Rahman:25 dan ayat itu bahkan diulang2 dalam surat Ar Rahman)  

Alhamdulillah ya Allah.. hari ini ak diingatkan dengan suatu peristiwa yg tidak dsangka2.. betapa kita (ak lebih khususnya) untuk lebih mensyukuri  nikmat yang Allah berikan tanpa harus menunggu cobaan ataupun sesuatu yang kita punya diambil oleh Allah sebagai peringatan akan nikmatNya.. Subhanallah.. :)

1 komentar:

Posting Komentar